Kamis, 14 Oktober 2010

Papaku tersayang



Dulu papa perokok berat, sehari bisa habis 1 bungkus rokok. kebanyakkan papa gak beli rokoknya, banyak orang yang kasih, kalau kasih gak tanggung2 min 2 box. padahal yang kasih sehari gak keitung jumlahnya, di mobil bagian belakang biasanya isinya box-box rokok. kadang sama mama rokoknya dituker ama beras/gula/apapun di toko sebelah. papa bukan tipe cowok yang mau dibilangi, ntar kalau ditegur maduranya keluar, semua jadi ciut kalau mau tegur.

karena persediaan rokok gak pernah habis-habis niat berhenti rokok cuma tinggal niat. papa dari dulu juga suka batuk, batuknya suka kambuh2an ntar kalau batuknya kambuh bukan berhenti rokoknya tapi merk rokoknya diganti, kalau tetep batuk ganti lagi merk lain lagi.



sekitar 2 tahun lalu suara papa serak kayak orang batuk parah terus berlangsung sampai 1 bulan lalu. badan papa kurus banget, mukanya pucat, makannya susah, nafasnya kayak orang asma. waktu pulang ke surabaya aku sedih lihat kondisi papa yang makin parah dan gak mau ke dokter. dulu sempet ke dokter tapi dokternya ngomongnya buat papa takut akhirnya gak mau balik lagi. maklum papa orangnya anti dokter/rumah sakit

akhirnya pas lebaran kemarin, anaknya pada kumpul semua, kami paksa papa biar ke dokter. waktu aku dah balik ke jakarta mama bilang papa mau ke dokter. papa pergi ke dokter tht, sama dokter diperkirakan ada daging tumbuh ditenggorokannya dan disuruh ikut banyak test, kami sekeluarga sembet takut papa gak mau lanjut ke testnya, tapi syukur alhamdulilah papa mau ikut testnya. dari test itu diputusi ada tumur tumbuh di tenggorokan papa, dan dokter belum tau tuh tumor ganas apa gak. dokter putusi harus segera operasi minggu itu juga. jarak dari pertama kali ke dokter, test-test sampai operasi 1 minggu. pada malam sebelum operasi papa gak bisa napas, trus sama dokter jaga papa dikasih oksigen.

paginya jam 07.30 papa masuk operasi operasi, selesai operasinya jam 10 maleman. tapi aku gak disana nemeni papa, karena aku gak boleh pulang ama keluarga di surabaya dan suami juga keberatan maklum keuangan lagi seret ya cuma bisa ngaji, berdoa ama telp2 mama tanya gmn kondisi disana, itu aja jarang di jawab, mereka pasti sama paniknya ama aku lihat papa operasi gak selesai2.

pagi harinya aku baru tau hasilnya operasinya sukses, ada lubang besar di tenggorokan papa, lubang itu permanen seumur hidup, fungsinya buat nafas, keluari lendir, dsb. darah putih papa terlalu banyak jadi sementara papa gak boleh dijenguk. tumor papa ganas bentuknya kayak telor keras besar setelapak tangan orang dewasa trus ada akar2 dibawahnya bentuk akarnya katanya kayak rumput laut, pita suara papa dibuang semua jadi sekarang papa bisu. papa belum bisa makan karena saluran yang buat makan yang ada ditenggorokannya ada yang dibuang karena kena tumornya trus sisanya dijahit, selama jahitannya belum kering cara makan papa, selang dimasuki dari lubang hidung trus tembus ke lambung ntar dari situ dimasuki makanan2 cair tapi sekarang jahitannya sudah kering jadi papa sudah bisa makan normal lewat mulut.

Alhamdulilah, sekarang papa sudah bisa makan, sudah latihan jalan, sekarang juga lagi terapi buat hilangi sisa2 tumornya. katanya terapinya sebanyak 33 kali. gak tau papa harus berapa lama dirumah sakit. tapi dokter bilang masa kritisnya dah lewat.

apa yang terjadi sama papa sekarang cuma bisa jadi bahan pelajaran buat anak2nya, bersyukur dikeluarga cuma papa aja yang merokok. kalau inget2 papa jadi sedih kenapa dimasa2 pensiunnya harusnya papa bahagia dan sehat, ternyata papa harus alami kayak gini. 3 minggu lalu aku nangis terus kalau inget2 papa tapi lama2 aku sadar, kalau aku sedih, kalau aku nangis kemungkinan besar papa juga rasakan apa yang aku rasa jadi aku putusi gak bakal nangis lagi walau itu susah.

semoga papa cepet sembuh...AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar